A.
KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI
Variasi
dalam proses belajar mengajar yang dimaksud sebagai proses perubahan dalam proses
pembelajaran yang dikelompokkan dalam tiga kelompok yaittu; variasi dalam gaya
mengajar, variasi dalam menggunakan alat dan media pembelajaran dan variasi dalam
pola interaksi dalam kelas.
Komponen-komponennya adalah:
1.
Variasi
dalam Gaya Mengajar yaitu:
a.
Penggunaan
variasi suara (intonasi).
b.
Pemusatan
perhatian.
c.
Kesenyapan.
d.
Mengadakan
kontak pandang.
e.
Gerakan
badan dan mimik.
f.
Pergantian
posisi pembelajar (guru) dalam kelas.
2.
Penggunaan
Media dan bahan Pelajaran yaitu:
a.
Variasi
alat/ bahan yang dapat dilihat.
b.
Variasi
alat yang dapat didengar.
c.
Variasi
alat yang dapat diraba dan dimanipulasi.
3.
Variasi
Pola Interaksi dan Kegiatan Pebelajar yaitu:
Dalam
mengadakan variasi, pembelajar (guru) perlu mengingat prisip-prinsip
penggunaannya yang meliputi: kesesuaian, kewajaran, kelancaran dan
kesinambungan, serta perencanaan alat/bahan yang memerlukan penataan khusus.
B.
KETERAMPILAN MENJELASKAN
Dalam kaitannya dengan kegiatan
belajar mengajar atau pelatihan, menjelaskan berarti mengorganisasikan materi
pelajaran dalam tata urutan atau susunan yang terencana secara
sistematis,sehingga dengan mudah dapat dipahami oleh pebelajar (siswa).
Kegiatan
menjelaskan bertujuan untuk :
1. Membimbing pebelajar (siswa) untuk
memahami berbagai konsep,hukum,prinsip,atau prosedur.
2. Membimbing pebelajar (siswa) untuk
menjawab pertanyaan “mengapa ”secara ber nalar.
3. Melibatkan pebelajar (siswa) untuk
menghayati berbagai proses penalaran.
4. Mendapatkan balikan mengenai
pemahaman pebelajar (siswa).
5. Membantu pebelajar (siswa) untuk
menghayati berbagai proses penalaran.
Komponen
keterampilan menjelaskan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu:
1.
Merencanakan
materi penjelasan yang mencakup:
a.
Menganalisis
masalah.
b.
Menentukan
hubungan.
c.
Menggunakan
hukum, rumus, dan generalisasi yang sesuai.
2.
Menyajikan
penjelasan yang mencakup:
a.
Kejelasan.
b.
Penggunaan
contoh dan ilustrasi.
c.
Pemberian
tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi gaya mengajar, dan membuat
struktur sajian.
d.
Balikan.
Penjelasan
dapat diberikan pada awal, tengah maupun akhir pelajaran, dengan selalu
memperhatikan karakteristik pebelajar (siswa) yang diberi penjelasan serta
materi/ masalah yang dijelaskan.
C.
KETERAMPILAN MEMIMPIN DISKUSI KELOMPOK KECIL
Diskusi kelompok kecil merupakan salah
satu bentuk kegiatan belajar mengajar.yang penggunaannya cukup sering
dilakuakan. Ciri-ciri diskusi kelompok kecil adalah:
1. Melibatkan 3-9 orang peserta.
2. Berlangsung dalam interaksi tatap
muka yang informal ,artinya setiap anggota dapat berkominukasi langsung dengan
anggotanya.
3. Mempunyai tujuan yang dicapai dengan
kerjasama antar anggota lainnya.
4. Berlangsung menurut proses
sistematis.
Komponen-komponen keterampilan
yaitu:
1.
Memusatkan
perhatian.
2.
Memperjelas
masalah atau urunan atau sumbangan pendapat.
3.
Menganalisa
pandangan pebelajar (siswa).
4.
Meningkatkan
urunan atau sumbangan pebelajar (siswa).
5.
Menyebarkan
kesempatan berpartisipasi.
6.
Menutup
diskusi.
D.
KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN INDIVIDUAL
Secara
fisik bentuk pengajaran ini ialah berjumlah terbatas, yaitu berkisar antara 3
sampai 8 orang untuk kelompok kecil, dan seorang untuk perseorangan. Pengajaran
kelompok kecil dan perseorangan memungkinkan guru memberikan perhatian
terhadap setiap siswa serta terjadinya hubungan yang lebih akrab antara guru
dan siswa dengan siswa. Ketrampilan mengajar yang esensial secara
terkontrol dapat dilatihkan, diperoleh balikan (feed back) yang cepat dan tepat,
penguasaan komponen ketrampilan mengajar secara lebih baik, dapat
memusatkan perhatian secara khusus kepada komponen ketrampilan yang
objektif dan dikembangkannya pola observasi yang sistematis dan objektif.
Komponen-komponen Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan individual yaitu:
1.
Keterampilan
untuk mengadakan pendekatan secara pribadi.
2.
Keterampilan
mengorganisasikan.
3.
Keterampilan
membimbing dan memudahkan proses belajar pebelajar (siswa)
4.
Keterampilan
merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
DAFTAR PUSTAKA
Azhar Imam, Pengelolaan
Kelas, Yogyakarta: penerbit insyira, 2013
http://sekayubae.wordpress.com/2012/04/09/8-keterampilan-dasar-mengajar/
diakses pada tanggal 24 maret 2014 pukul 16.00
http://ariyu-fatachulaziiz.blogspot.com/2012/05/ketrampilan-dasar-mengajar.html
diakses pada tanggal 24 maret 2014 pukul 16.00