MODEL DESAIN PEMBELAJARAN PPSI
(PROSEDUR PENGEMBANGAN SISTEM INTRUKSIONAL)
Perencanaan system dan
design pembelajaran
Disusun Oleh :
Ahmad
Anif Wahbullah
Program Studi Pendidikan Agama
Islam (PAI)
KATA PENGANTAR
Alhamduillahi
robbil ‘alamin rasa syukur selalu kepada
Allah SWT karena rahmat dan nikmatnya
kami
masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya
ucapkan terimakasih kepada dosen
pembimbing dan temam-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan
makalah ini.
Sholawat
serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, panutan berdzikir, berfikir dan beramal shaleh,
panutan kita bergerak sepanjang massa.
Pada makalah ini penulis ingin membahas tentang model desain pembelajaran PPSI,
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan,
oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun, dan
semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan
teman-teman.
Amiiiin....
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar ……………………………………………………………………………… 2
Daftar
Isi …………………………………………………………………………………….
3
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang ……………………………………………………………………… 4
B. Rumusan
Masalah …………………………………………………………………… 4
C. Tujuan ………………………………………………………………………………. 4
BAB II
PEMBAHASAN
@ Pengertian model desain pembelajaran PPSI …………….………………… 5
@ Aplikasi Model Pembelajaran PPSI…. ……………………………………... 5
BAB III
PENUTUP
@ Kesimpulan
……………………………………………………………………. 7
@ Saran
…………………………………………………………………………... 7
BAB IV
1. Daftar
Pustaka ……………………………………………………………………… 8
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Desain pembelajaran merupakan prinsip-prinsip penerjemahan
dari pembelajaran dan instruksi ke dalam rencana-rencana untuk bahan-bahan dan
aktivitas-aktivitas instruksional[1].
Desain pembelajaran dapat dianggap
sebagai suatu sistem yang berisi banyak komponen yang saling berinteraksi.
Komponen-komponen tersebut harus dikembangkan dan diimplementasikan untuk
kelengkapan suatu instruksional.
Ada beberapa model desain pembelajaran. seperti model
PPSI, Model Gerlach and Ely, Model Kemp, Model Banathy, Model ASSURE, dan Model
Dick and Carey. Dalam makalah ini akan membahas salah satu dari model desain
pembelajaran yaitu model PPSI (Prosedur pengembangan system intruksional).
B. Rumusan
Masalah
1. Bagaimanakah Model Desain
pembelajaran PPSI ?
2. Bagaimanakah Aplikasi Model
Pembelajaran PPSI ?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui Model Desain
pembelajaran PPSI.
2. Untuk mengetahui Aplikasi Model Desain
pembelajaran PPSI.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Pengertian Prosedur Pengembangan Desain Sistem
Intruksional (PPSI)
PPSI dilihat
dari segi makna kata. Kata “prosedur” berarti tahap kegiatan untuk
menyelesaikan suatu aktifitas. Kata “pengembangan” berarti membuat tumbuh secara teratur untuk menjadikan
sesuatu lebih besar, lebih baik, lebih efektif dan sebagainya. Kata
“Desain” berarti membuat
sketsa atau pola atau outline atau rencana pendahuluan. Kata
“System” berarti kesatuan fungsi dari komponen-komponen. Kata “Intruksional”
berhubungan dengan proses pembelajaran.[2]
Dari arti kata tersebut, PPSI dapat di artikan adalah suatu tahapan kegiatan
pengembangan perencanaan komponen-komponen pembelajaran untuk mencapai tujuan
yang telah di tentukan.
Seperti
Model-model yang menggunakan system lainya, PPSI tidak lepas dari
komponen-komponen yang ada dalam PPSI itu sendiri dan juga menekankan pada
tercapainya tujuan. Adapun komponen-komponen dalam PPSI adalah Materi pelajaran,
Metode, Alat, dan evaluasi. dengan begitu PPSI dapat di artikan suatu kesatuan yang terorganisasi,
yang terdiri dari seperangkat komponen yang saling berhubungan dan bekerjasama
satu sama lain secara fungsional dan terpadu dalam rangka mencapai tujuan yang
diharapkan.[3]
Menurut
Basyiruddin PPSI merupakan langkah-langkah pengembangan dan pelaksanaan
pengajaran sebagai suatu system untuk mencapai tujuan secara efisien dan
efektif.[4]
Dari
keterangan di atas, dapat di simpulkan PPSI adalah suatu langkah-langkah pengembangan dan
pelaksanaan pembelajaran sebagai suatu sistem dalam rangka untuk mencapai
tujuan yang diharapkan secara efektif dan efisien.[5]
2. Implementasi PPSI
Model pengembangan intruksional PPSI
ini memiliki 5 langkah pokok yaitu:
A.
Perumusan tingkah laku dan kemampuan (kompetensi).
Merumuskan tingkah laku dan kompetensi yang akan
dimiliki oleh pebelajar. Sebelum melakukan proses pembelajaran, pembelajar
harus merumuskan tingkah laku dan kompetensi yang nantinya akan di miliki oleh
pebelajar dalam setelah melakukan proses pembelajaran, satu rumusan untuk satu
tingkah laku dan kompetensi.
B.
Perumusan alat evaluasi atau tes.
Perumusan alat evaluasi ini di tujukan untuk mengukur
dan menilai sampai berapa jauh kemampuan yang telah dikuasai pebelajar, yang
akan dibuat acuan untuk merumuskan apa yang harus dilakukan oleh pembelajar
untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Hal ini di lakukan untuk melakukan
pre-test dan post test, yang nantinya dapat member informasi seberapa jauh
pemahaman pebelajar tentang materi yang nantinya akan di sampaikan.
C.
perumusan kegiatan belajar.
Pembelajar menetapkan kegiatan belajar yang sesuai
dengan tujuan yang telah di tentukan, penentuan kegiatan belajar di lakukan
dengan bertahap. Tahapan pertama
menetukan seluruh kegiatan yang di mungkinkan dilakukan oleh pebelajar.
Tahap kedua mengeliminasi kegiatan yang tidak sesuai dengan tujuan. Tahap
terahir menentukan dan menetapkan kegiatan-kegiatan yang di lakukan dalam
proses pembelajaran. Semisal kegiatan belajar berapa diskusi, Tanya jawab antar
pebelajar atau bisa yang lainya.
D.
Menentukan program kegiatan.
Setelah kegiatan belajar di putuskan, maka selanjutnya
untuk memastikan tercapainya kegiatan belajar tersebut di lakukan, harus di
tentukan program kegiatan yang menjamin terlaksananya kegiatan belajar. Semisal
menentukan program kegiatan berupa presentasi makalah kelompok, maka yang harus
di lakukan adalah menentukan materi presentasi, pembagian anggota kelompok,
mencari referensi, menentukan sistematika presentasi, menentukan media yang
akan dipakai dalam presentasi, penentuan waktu presentasi makalah kelompok,
menentukan tempat presentasi.
E.
Implementasi program kegiatan
Langkah terahir yaitu langkah implementasi program
kegiatan seperti pre-test, melakukan proses pembelajaran, post-test, langkah
terahir ini juga dilengkapi dengan evaluasi, evaluasi dilakukan untuk
mengoreksi seberapa berhasilnya model desain pembelajaran yang telah dilakukan,
evaluasi dilakukan dengan mencari kelemahan dan kelebihan dari model desain
pembelajaran yang telah dilakukan.[6]
BAB III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
PPSI adalah suatu langkah-langkah
pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran sebagai suatu sistem dalam rangka
untuk mencapai tujuan yang diharapkan secara efektif dan efisien.
Model pengembangan intruksional PPSI
ini memiliki 5 langkah pokok yaitu; Perumusan tingkah laku
dan kemampuan (kompetensi), Perumusan
alat evaluasi atau tes, perumusan kegiatan belajar, Menentukan program kegiatan,
Implementasi program kegiatan
2.
Saran
Penulis menyarankan untuk tidak menggunakan makalah ini sebagai
acuan yang mutlak karena makalah ini jauh dari kesempurnaan oleh karena itu
penulis menyarankan kepada semua pembaca makalah ini untuk mencari
sumber-sumber lain untuk menyempurnakan makalah ini.
BAB
IV
DAFTAR
PUSTAKA
http://s2staintamiftahululum.wordpress.com/2013/02/21/desain-pembelajaran/
Basyiruddin
usman, metodelogi pembelajaran agama
islam. Jakarta: ciputat press. 2001
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka
Cipta, 2008.
Imam
azhar.
perncanaan
system desain pembelajaran. Lamongan: staidra. 2013
makasih tas tulisannya, dpat mnambah wawasan saya
BalasHapusterima kasih sdh membantu;)
BalasHapusImam Azhar itu yg tukang selingkuhin istri orang itu ta..??
BalasHapus