ISI DAN TIPE MATERI FIQIH
MAKALAH
Dipresentasikan
dalam diskusi kelas
Matakuliah Materi
PAI Mts/Ma
SEMESTER IV
Dosen
Pembimbing
Munawir Yas’ad
M.Pd.i
Oleh :
Ah Anif Wahbullah
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN DRAJAT
KRANJI PACIRAN LAMONGAN
2013
Kata Pengantar
Segala puja dan puji syukur yang sedalam-dalamnya senantiasa kami
curahkan kepada Allah Swt. Semoga segala apa yang kita fikirkan tetap dalam koridor
Ahlussunah Wal Jamaah dan semoga Dhikir tetap tersusun dalam hembusan nafas
kita serta segala yang kita lakukan tetap sesuai dengan Pancasila.
Sholawat serta salam semoga tetap kepada
junjungan kita, figur utama kita bergerak sepanjang masa, baginda nabi Muhammad Saw.
Dalam makalah ini kami akan membahas isi dan materi fiqih.
DAFTAR ISI
Daftar
Isi...................................................................................................................................... 1
BAB : I Pendahuluan
a. Latar belakang...................................................................................................... 2
b. Rumusan masalah................................................................................................. 2
c. Tujuan Masalah.................................................................................................... 2
BAB
: II Pembahasan
a. Isi Materi Fiqih....................................................................................................................... 3
b. Tipe Materi Fiqih…………………………………………………………………………... 6
BAB :III Penutup
a.
Kesimpulan............................................................................................................ 7
b.
Saran...................................................................................................................... 7
Daftar
Pustaka.............................................................................................................................. 8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Mata pelajaran
fiqih adalah mata pelajaran yang pernting bagi siswa. Secara bahasa, Fiqih berasal kata Faqiha yang
berarti mengerti/paham[1]. Menurut
istilah Fiqih adalah ilmu tentang hukum-hukum syari’at yang bersifat amaliyah
yang digali dan ditemukan dari dalil-dalil yang tafsili/terperinci, dari Al
Qur’an dan Hadis. Hal-hal yang terutama dibahas didalamnya yaitu tentang ibadah
dan mu’amalah[2]. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru agama
islam harus menguasai baik dalam materi maupun penyampaian materi fiqih,
pembagian isi dan juga tipe pelajaran materi fiqih di MTs harus sistematis
antara kelas VII, kelas VIII, dan juga kelas IX agar siswa dapat dengan mudah
memahami pelajaran yang telah diberikan oleh seorang guru.
Pembelajaran
Fiqih di MTs bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat Mengetahui dan
memahami pokok-pokok hukum Islam dalam mengatur ketentuan dan tata cara
menjalankan hubungan manusia dengan Allah yang diatur dalam Fiqih ibadah dan
hubungan manusia dengan sesama yang diatur dalam Fiqih muammalah. Serta Melaksanakan dan mengamalkan
ketentuan hukum Islam dengan benar dalam melaksanakan ibadah kepada
kepada Allah dan ibadah sosial. Pengalaman tersebut diharapkan menumbuhkan
ketaatan menjalankan hukum Islam, disiplin dan tanggung jawab sosial yang
tinggi dalam kehidupan pribadi maupun sosial[3].
B.
Rumusan Masalah
1. Apa saja isi
materi fiqih MTs ?
2. Apa tipe materi
fiqih MTs ?
C. Tujuan
Masalah
1. Mengetahui isi
materi fiqih MTs ?
2. Mengetahui
tipe materi fiqih MTs ?
BAB II
PEMBAHASAN
a.
Isi materi fiqih MTs
Madrasah Tsanawiyah yang kemudian disingkat
MTs, adalah lembaga pendidikan islam formal yang setingkat dengan Sekolah
Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Madrasah Tsanawiyah merupakan sekolah yang
berciri khas agama islam yang menyelenggarakan program tiga tahun setelah
Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar. Dan ciri lain adalah mata pelajaran
keislaman sebagai dasar pembelajaran di MTs yang sekurang-kurangnya 30 persen,
disamping itu juga mata pelajaran umum diberikan kurang lebih 70 persen pada
muatan kurikulumnya termauk salah satunya adalah mata pelajaran fiqih.
Dalam pengertian fiqih yang telah dipaparkan dalam
latar belakang, dapat dimaksudkan dalam konteks pembelajaran fiqih di sekolah
adalah salah satu bagian pelajaran pokok yang termasuk dalam kurikulum
Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diberikan pada siswa-siswa Madrasah
Tsanawiyah (MTs). Kesatuan pengertian Kurikulum Fiqih yang dimaksud adalah
kurikulum yang diorientasikan pada pembinaan pengembangan perilaku dan
pemahaman peserta didik terhadap agama yang ditetapkan secara bersama.
Berikut ini adalah Isi Pembelajaran Fiqih di
MTs yang mencakup akan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), yaitu[4]:
Kelas VII MTs
|
||||||
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|||||
1
|
Melaksanakan
ketentuan taharah (bersuci)
|
1.1
|
Menjelaskan
macam-macam najis dan tatacara taharahnya ( bersucinya )
|
|||
1.2
|
Menjelaskan hadas kecil dan tatacara taharahnya
|
|||||
1.3
|
Menjelaskan hadas besar dan tatacara taharahnya
|
|||||
1.4
|
Mempraktikkan bersuci dari najis dan hadas
|
|||||
2
|
Melaksanakan tatacara shalat
fardu dan sujud sahwi
|
2.1
|
Menjelaskan tatacara shalat
lima waktu
|
|||
2.2
|
Menghafal bacaan-bacaan shalat
lima waktu
|
|||||
2.3
|
Menjelaskan ketentuan waktu shalat
lima waktu
|
|||||
2.4
|
Menjelaskan ketentuan sujud sahwi
|
|||||
2.5
|
Mempraktikkan shalat
lima waktu dan sujud sahwi
|
|||||
3
|
Melaksanakan tatacara azan, iqamah ,salat jamaah
|
3.1
|
Menjelaskan ketentuan azan dan iqamah
|
|||
3.2
|
Menjelaskan ketentuan salat berjamaah
|
|||||
3.3
|
Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
|
|||||
3.4
|
Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
|
|||||
3.5
|
Menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal
|
|||||
3.6
|
Mempraktikkan azan, iqamah, dan shalat
jamaah
|
|||||
4
|
Melaksanakan tatacara berzikir dan berdoa setelah
shalat
|
4.1
|
Menjelaskan tatacara berzikir dan berdoa setelah shalat
|
|||
4.2
|
Menghafalkan bacaan zikir dan doa setelah shalat
|
|||||
4.3
|
Mempraktikkan zikir dan doa
|
|||||
5
|
Melaksanakan tatacara shalat
wajib selain shalat lima waktu
|
5.1
|
Menjelaskan ketentuan shalat
dan khutbah Jumat
|
|||
5.2
|
Mempraktikkan khutbah dan shalat
Jumat
|
|||||
5.3
|
Menjelaskan ketentuan shalat
jenazah
|
|||||
5.4
|
Menghafal bacaan-bacaan shalat
jenazah
|
|||||
5.5
|
Mempraktikkan shalat
jenazah
|
|||||
6
|
Melaksanakan tatacara shalat
jama’, qhasar, dan jama’ qasar serta shalat
dalam keadaan darurat
|
6.1
|
Menjelaskan ketentuan shalat jama’, qashar
dan jama’ qashar
|
|||
6.2
|
Mempraktikkan shalat jama’, qashar
dan jama’ qashar
|
|||||
|
|
6.3
|
Menjelaskan ketentuan shalat dalam keadaan
darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
|
|||
6.4
|
Mempraktikkan shalat dalam keadaan
darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
|
|||||
7
|
Melaksanakan tatacara shalat
sunnah muakkad dan ghairu muakkad
|
7.1
|
Menjelaskan ketentuan shalat sunnah muakkad
|
|||
7.2
|
Menjelaskan
macam-macam shalat sunnah muakkad
|
|||||
7.3
|
Mempraktikkan shalat sunnah
muakkad
|
|||||
7.4
|
Menjelaskan
ketentuan shalat sunnah ghairu muakkad
|
|||||
7.5
|
Menjelaskan
macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
|
|||||
7.6
|
Mempraktikkan
shalat sunnah ghairu muakkad
|
|||||
|
||||||
Kelas VIII MTs
|
||||||
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|||||
1
|
Melaksanakan tata cara sujud di luar shalat
|
1.1
|
Menjelaskan ketentuan sujud syukur dan
tilawah
|
|||
1.2
|
Mempraktikkan
sujud syukur dan tilawah
|
|||||
2.
|
Melaksanakan tatacara puasa
|
1.1
|
Menjelaskan ketentuan puasa
|
|||
1.2
|
Menjelaskan macam-macam puasa
|
|||||
3
|
Melaksanakan
tatacara zakat
|
3.1
|
Menjelaskan
ketentuan zakat fitrah dan zakat maal
|
|||
|
3.2
|
Menjelaskan orang yang berhak menerima
zakat
|
||||
3.3
|
Mempraktikkan
pelaksanaan zakat fitrah dan maal
|
|||||
4
|
Memahami
ketentuan pengeluaran harta di luar zakat
|
4.1
|
Menjelaskan ketentuan-ketentuan shadaqah,
hibah dan hadiah
|
|||
4.2
|
Mempraktikkan sedekah, hibah dan hadiah
|
|||||
5
|
Memahami
hukum Islam tentang haji dan umrah
|
5.1
|
Menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umrah
|
|||
5.2
|
Menjelaskan macam-macam haji
|
|||||
5.3
|
Mempraktikkan tatacara ibadah haji dan
umrah
|
|||||
6
|
Memahami
hukum Islam tentang makanan dan minuman
|
6.1
|
Menjelaskan jenis-jenis makanan dan
minuman halal
|
|||
6.2
|
Menjelaskan manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman
halal
|
|||||
6.3
|
Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman haram
|
|||||
6.4
|
Menjelaskan bahayannya mengkonsumsi makanan dan minuman
haram
|
|||||
6.5
|
Menjelaskan jenis-jenis binatang yang halal dan
haram dimakan
|
|||||
|
||||||
Kelas IX MTs
|
||||||
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|||||
1
|
Memahami
tata cara penyembelihan, kurban, dan akikah
|
1.1
|
Menjelaskan ketentuan penyembelihan binatang
|
|||
1.2
|
Menjelaskan ketentuan kurban
|
|||||
1.3
|
Menjelaskan ketentuan akikah
|
|||||
1.4
|
Mempraktikkan tatacara kurban dan akikah
|
|||||
2
|
Memahami tentang muamalah
|
2.1
|
Menjelaskan ketentuan jual beli
|
|||
2,2
|
Menjelaskan ketentuan qiradh
|
|||||
2.3
|
Menjelaskan jenis-jenis riba
|
|||||
2.4
|
Mendemonstrasi kanketentuan pelaksanaan jual beli,
qiradh, dan riba
|
|||||
3
|
Memahami
muamalah di luar jual beli
|
3.1
|
Menjelaskan ketentuan pinjam meminjam
|
|||
3.2
|
Menjelaskan ketentuan utang piutang, gadai, dan borg
|
|||||
3.3
|
Menjelaskan ketentuan upah
|
|||||
3.4
|
Mendemonstrasikan ketentuan tata cara pelaksanaan Pinjam
meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
|
|||||
4
|
Melaksanakan
tatacara perawatan jenazah dan ziarah kubur
|
4.1
|
Menjelaskan ketentuan tentang pengurusan
jenazah, takziyah dan ziarah kubur
|
|||
4.2
|
Menjelaskan ketentuan-ketentuan harta si mayat
(waris)
|
|||||
4.3
|
Mempraktikkan tatacara pengurusan jenazah
|
|||||
b.
Tipe materi fiqih
Mata pelajaran Fiqih diarahkan untuk
mendorong, membimbing, mengembangkan dan membina siswa untuk mengetahui,
memahami, menghayati hukum Islam untuk dapat diamalkan dan dijadikan pedoman
dalam kehidupan sehari-hari.
Tipe pelajaran fiqih untuk kelas VII MTs ditekankan pada pengetahuan, pengamalan dan pembiasaan
pelaksanaan hukum Islam secara sederhana dalam ibadah dan perilaku sehari-hari
serta sebagai bekal pendidikan berikutnya. Sedangkan untuk kelas VIII MTs
merupakan pendalaman dan perluasan bahan kajian dan pelajaran VII untuk
dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari serta sebagai bekal untuk pendidikan
berikutnya.
Tipe pelajaran Fiqih pada kelas IX dalam dimaksudkan
untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan mengamalkan ajaran Islam dalam
aspek hukum,baik yang berupa ajaran ibadah maupun muamalah. Bahkan kajianya
mencakup hukum-hukum Islam dalam bidang ibadah, jenasah, muamalah, faraidl
(hukum waris), ath'imah (hukum makan dan minum), munakahah dan pokok-pokok ilmu
ushul fiqh[5].
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan diatas maka kami dapat menarik kesimpulan bahwa: menentukan
isi dan tipe materi fiqih yang tepat adalah dengan mensinergikan antara materi
dengan kondisi kematangan pemikiran dan juga psikologi seorang pebelajar, agar
bisa merumuskan isi dan menemukan tipe materi yang tepat untuk pebelajar.
B. Saran
Manusia dalam berbuat tentunya terdapat
kesalahan yang sifatnya tersilap dari yang telah ditetapkan atau seharusnya.
Apalagi dalam kegiatan menyusun makalah ini. Untuk itu, penulis harapkan dari
pembaca, khususnya kepada bapak pembimbing pembawa materi kuliah yaitu bapak Munawir
yas’ad M.Pd.I mohon kritik dan sarannya guna perbaikkan penyusunan selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Mulyani Sumantri dan Nana Syaodih, “Perkembangan
Peserta Didik”, Universitas Terbuka, Cet.16, Jakarta, 2007.
Muhammad Nur Ali, S.Ag., “Kamus Agama Islam”,
Annizam, Cirebon, 2004
Asep Herry Hernawan,dkk., “Pengembangan
Kurikulum dan Pembelajaran”, Universitas Terbuka, Cet. 9, Jakarta, 2008.
Sholahudin “ Pengembangan
Isi Standar Kopetensi Fiqih “ Bulan Bintang. Jakarta. 2004.
http://www.pustakaskripsi.com/pengembangan-kurikulum-fiqih-telaah-terhadap-komponen-kurikulum-fiqih-pada-madrasah-tsanawiyah-403.html Pada tanggal 2
Oktober 2011 pukul 20.01 wib.
[1] Sumantri
Mulyani dan Nana Syaodih, “Perkembangan Peserta Didik”, Universitas
Terbuka, Cet.16, Jakarta, 2007 Hal 23.
[3]
Asep Herry Hernawan,dkk., “Pengembangan
Kurikulum dan Pembelajaran”, Universitas Terbuka, Cet. 9, Jakarta, 2008 Hal
9.
[5]http://www.pustakaskripsi.com/pengembangan-kurikulum-fiqih-telaah-terhadap-komponen-kurikulum-fiqih-pada-madrasah-tsanawiyah-403.html Pada tanggal 2
Oktober 2011 pukul 20.01 wib.