A. Mind Mapping
Pemetaan
pikiran merupakan cara kreatif bagi tiap pebelajar untuk menghasilkan gagasan,
mencatat apa yang dipelajari atau merencanakan tugas baru.
Langkah-langkah dalam
mind mapping:
Ø Pilihlah topik untuk pemetaan pikiran
Ø Mulailah dari bagian tengah kertas
kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar
Ø Gunakan gambar untuk ide sentral, karena
sebuah gambar bermakna seribu kata dan membantu menggunakan imajinasi
Ø Gunakan warna, karena warna membuat mind
mapping lebih hidup, menambah energi kepada pemikiran kreatif dan menyenangkan
Ø Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar
pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ke tingkat satu dan dua
dan seterusnya
Ø Buatlah garis hubung yang melengkung
karena garis yang lurus akan membosankan otak
Ø Sediakan waktu yang banyak bagi
pebelajar untuk menyusun peta pikiran mereka. Sarankan mereka untuk melihat
karya pebelajar lain guna mendapatkan gagasan
Kelebihan
Metode Mind Mapping
Ø Metode ini dapat digunakan untuk
mengorganisasikan ide-ide yang muncul dikepala
Ø Proses menggambar diagram bisa muncul
ide-ide yang lain
Ø Diagram yang sudah terbentuk bisa
menjadi panduan untuk menulis
Kelemahan
metode Mind Mapping
Ø Hanya beberapa pebelajar yang terlibat
Ø Tidak sepenuhnya pebelajar yang bekerja
Ø Dalam pembuatan mind mapping pebelajar
bervariasi sehingga pembelajar akakn kualahan memeriksa mind mapping pebelajar
B. Guided Note Taking
Dalam
metode ini, pembelajar menyediakan kertas yang telah dipersiapkan. Kertas
tersebut menginstruksikan pebelajar untuk membuat catatan sewaktu pembelajar
mengajar. Gerak fisisk yang minimal seperti ini pun akan lebih melibatkan pebelajar ketimbang jika
menyediakan buku pegangan yang lengkap.
Langkah-langksh guided
note taking
v Persiapkanlah sebuah hand-out (bagan,
skema atau blanko) yang menyimpulkan point-point penting dari sebuah pelajaran
yang disampaikan
v Sebagai ganti memberikan teks yang
lengkap, tinggalkan bagian-bagian teks itu kosong
v Bagiakan hand-out kepada peserta didik.
Jelaskan bahwa anda telah membuat hand-out tersebut untuk membantu mereka
mendengarkan secara aktif pelajaran yang disamapaikan dengan ceramah
Kelebihan
Metode Guided Note Taking
v Metode pembelajaran ini sangat cocok
untuk kelas besar dan kecil
v Metode pembelajaran ini dapat digunakan
sebelum, selam berlangsung atau sesuai kegiatan pembelajaran
v Metode pembelajaran ini cukup berguna
untuk materi pengantar
v Metode pembelajaran unu sangat cocok
untuk materi-materi yang mengandung fakta-fakta, sila-sila, rukun-rukun atau
prinsip-prinsip dan definisi-definisi
v Metode pembelajaran ini dapat digunakan
beberapa kali untuk merangkum bab-bab yang berbeda
v Metode pembelajaran ini cocok untuk menggantikan
ringkasan yang bersifat naratif atau tulisan naratif yang panjang
v Metode pembelajaran ini dapat
dimanfaatkan untuk menilai kecenderungan seseorang terhadap suatu informasi
tertentu
v Metode pembelajaran ini memungkinkan
siswa belajar lebih aktif, karena memberikan kesempatan mengembangkan diri,
fokus pada hand-out dan materi ceramah serta diharapkan mampu memecahkan
masalah sendiri dengan menemukan (discovery) dan bekerja sendiri
Kelemahan
Metode Guided Note Taking
v Jika guided note taking digunakakn
sebagai metode pembelajaran pada setiap materi pelajaran, maka guru akan sulit
mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa
v Kadang-kadang dalam
mengimplementasikannya, memerlukan waktu yang panjang sehingga guru sulit
menyesuaikannya dengan waktu yang ditentukan
v Guru-guru yang sudah terlanjur
menggunakan metode pembelajaran lama sulit beradaptasi pada metode pembelajaran
baru
v Menuntut para guru untuk lebih menguasai
materi lebih luas lagi dari standar yang telah ditetapkan
v Biaya untuk penggadaan hand-out bagi
sebagian guru masih dirasakan mahal dan kurang ekonomis
C. Everyone Is The Teacher Here
Strategi
ini sangat tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan
secara individual, strategi ini memberikan kesempatan kepada setiap pebelajar
untuk berperan sebagai pembelajar bagi teman-temannya.
Langkah-langkah
everyone is the teacher here:
Ø Bagikan secarik kertas kosong kepada
seluruh pebelajar. Setiap pebelajar diminta untuk menuliskan satu pertanyaan
yang sedang dipelajari di kelas
Ø Kumpulkan kertas, acak kertas tersebut
kemudian bagikan kepada setiap pebelajar. Pastikan bahwa tidak ada pebelajar
yang menerima soal yang ditulis sendiri
Ø Minta mereka untuk membaca dalam hati
pertanyaan dalam kertas tersebut kemudian memikirkan jawabannya
Ø Minta pebelajar secara sukarela untuk
membacakan pertanyaan tersebut dan menjawabnya
Ø Setelah jawaban diberikan, mintalah
pebelajar lainnya untuk menambahkan
Ø Lanjutkan dengan sukarelawan berikutnya
Kelebihan
Metode Everyone Is The Teacher Here
Ø Menempatkan seluruh tanggung jawab
pengajaran kepada seluruh anggota kelas
Ø Metode ini dapat digunakan untuk
meningkatkan proses pembelajaran pebelajar
Ø Meningkatkan kemampuan pebelajar dalam
mengemukakan pendapat
Ø Metode ini dapat disesuaikan dengan
tujuan pembelajaran pada berbagai mata pelajaran
Kelemahan
Metode Everyone Is The Teacher Here
Ø Memerlukan penjelasan materi diawal oleh
pembelajar, agar soal yang dibuat pebelajar tidak menyimpang dari tujuan
pembelajaran
Ø Membutuhkan waktu yang lama untuk
menghabiskan semua pertanyaan untuk kelas yang besar