Jumat, 13 Juni 2014

PEMBELAJARAN INDIVIDUAL



 A.      Mind Mapping
Pemetaan pikiran merupakan cara kreatif bagi tiap pebelajar untuk menghasilkan gagasan, mencatat apa yang dipelajari atau merencanakan tugas baru.

Langkah-langkah dalam mind mapping:
Ø  Pilihlah topik untuk pemetaan pikiran
Ø  Mulailah dari bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar
Ø  Gunakan gambar untuk ide sentral, karena sebuah gambar bermakna seribu kata dan membantu menggunakan imajinasi
Ø  Gunakan warna, karena warna membuat mind mapping lebih hidup, menambah energi kepada pemikiran kreatif dan menyenangkan
Ø  Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ke tingkat satu dan dua dan seterusnya
Ø  Buatlah garis hubung yang melengkung karena garis yang lurus akan membosankan otak
Ø  Sediakan waktu yang banyak bagi pebelajar untuk menyusun peta pikiran mereka. Sarankan mereka untuk melihat karya pebelajar lain guna mendapatkan gagasan
Kelebihan Metode Mind Mapping
Ø  Metode ini dapat digunakan untuk mengorganisasikan ide-ide yang muncul dikepala
Ø  Proses menggambar diagram bisa muncul ide-ide yang lain
Ø  Diagram yang sudah terbentuk bisa menjadi panduan untuk menulis
Kelemahan metode Mind Mapping
Ø  Hanya beberapa pebelajar yang terlibat
Ø  Tidak sepenuhnya pebelajar yang bekerja
Ø  Dalam pembuatan mind mapping pebelajar bervariasi sehingga pembelajar akakn kualahan memeriksa mind mapping pebelajar
B.       Guided Note Taking
Dalam metode ini, pembelajar menyediakan kertas yang telah dipersiapkan. Kertas tersebut menginstruksikan pebelajar untuk membuat catatan sewaktu pembelajar mengajar. Gerak fisisk yang minimal seperti ini pun  akan lebih melibatkan pebelajar ketimbang jika menyediakan buku pegangan yang lengkap.

Langkah-langksh guided note taking
v  Persiapkanlah sebuah hand-out (bagan, skema atau blanko) yang menyimpulkan point-point penting dari sebuah pelajaran yang disampaikan
v  Sebagai ganti memberikan teks yang lengkap, tinggalkan bagian-bagian teks itu kosong
v  Bagiakan hand-out kepada peserta didik. Jelaskan bahwa anda telah membuat hand-out tersebut untuk membantu mereka mendengarkan secara aktif pelajaran yang disamapaikan dengan ceramah
Kelebihan Metode Guided Note Taking
v  Metode pembelajaran ini sangat cocok untuk kelas besar dan kecil
v  Metode pembelajaran ini dapat digunakan sebelum, selam berlangsung atau sesuai kegiatan pembelajaran
v  Metode pembelajaran ini cukup berguna untuk materi pengantar
v  Metode pembelajaran unu sangat cocok untuk materi-materi yang mengandung fakta-fakta, sila-sila, rukun-rukun atau prinsip-prinsip dan definisi-definisi
v  Metode pembelajaran ini dapat digunakan beberapa kali untuk merangkum bab-bab yang berbeda
v  Metode pembelajaran ini cocok untuk menggantikan ringkasan yang bersifat naratif atau tulisan naratif yang panjang
v  Metode pembelajaran ini dapat dimanfaatkan untuk menilai kecenderungan seseorang terhadap suatu informasi tertentu
v  Metode pembelajaran ini memungkinkan siswa belajar lebih aktif, karena memberikan kesempatan mengembangkan diri, fokus pada hand-out dan materi ceramah serta diharapkan mampu memecahkan masalah sendiri dengan menemukan (discovery) dan bekerja sendiri
Kelemahan Metode Guided Note Taking
v  Jika guided note taking digunakakn sebagai metode pembelajaran pada setiap materi pelajaran, maka guru akan sulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa
v  Kadang-kadang dalam mengimplementasikannya, memerlukan waktu yang panjang sehingga guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang ditentukan
v  Guru-guru yang sudah terlanjur menggunakan metode pembelajaran lama sulit beradaptasi pada metode pembelajaran baru
v  Menuntut para guru untuk lebih menguasai materi lebih luas lagi dari standar yang telah ditetapkan
v  Biaya untuk penggadaan hand-out bagi sebagian guru masih dirasakan mahal dan kurang ekonomis
C.      Everyone Is The Teacher Here
Strategi ini sangat tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individual, strategi ini memberikan kesempatan kepada setiap pebelajar untuk berperan sebagai pembelajar bagi teman-temannya.
Langkah-langkah everyone is the teacher here:
Ø  Bagikan secarik kertas kosong kepada seluruh pebelajar. Setiap pebelajar diminta untuk menuliskan satu pertanyaan yang sedang dipelajari di kelas
Ø  Kumpulkan kertas, acak kertas tersebut kemudian bagikan kepada setiap pebelajar. Pastikan bahwa tidak ada pebelajar yang menerima soal yang ditulis sendiri
Ø  Minta mereka untuk membaca dalam hati pertanyaan dalam kertas tersebut kemudian memikirkan jawabannya
Ø  Minta pebelajar secara sukarela untuk membacakan pertanyaan tersebut dan menjawabnya
Ø  Setelah jawaban diberikan, mintalah pebelajar lainnya untuk menambahkan
Ø  Lanjutkan dengan sukarelawan berikutnya
Kelebihan Metode Everyone Is The Teacher Here
Ø  Menempatkan seluruh tanggung jawab pengajaran kepada seluruh anggota kelas
Ø  Metode ini dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran pebelajar
Ø  Meningkatkan kemampuan pebelajar dalam mengemukakan pendapat
Ø  Metode ini dapat disesuaikan dengan tujuan pembelajaran pada berbagai mata pelajaran
Kelemahan Metode Everyone Is The Teacher Here
Ø  Memerlukan penjelasan materi diawal oleh pembelajar, agar soal yang dibuat pebelajar tidak menyimpang dari tujuan pembelajaran
Ø  Membutuhkan waktu yang lama untuk menghabiskan semua pertanyaan untuk kelas yang besar
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- See more at: http://blog-triks.blogspot.com/2011/05/pasang-emoticon-di-kotak-komentar-versi.html#sthash.VCvcG6HH.dpuf