Komponen sekaligus merupakan langkah-langkah utama
dari model desain sistem pembelajaran yang dikemukakan oleh Dick dan Carey dalam Dick terdiri atas :
1.
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran idealnya diperoleh dari analisa
kebutuhan yang benar benar
mengindikasikan adanya suatu masalah yang pemecahannya adalah dengan
memberikan pembelajaran.
2.
Melakukan
analisis pembelajaran. Tujuan utama analisis pembelajaran adalah
mengidentifikasi pengetahuan dan ketrampilan yang harus ada pada pembelajaran. Karena
prosesnya relatif kompleks, analisis
pembelajaran terhadap tujuan pembelajaran umum dapat dilakukan melalui dua
tahap : 1) menggolongkan pernyataan tujuan umum menurut jenis kapabilitas
belajar. 2) melakukan analisa lanjutan untuk mengidentifikasi ketrampilan
bawahan. Keduanya merupakan proses
analisa pembelajaran.
3.
Menganalisis
karakteristik siswa dan konteks pembelajaran. Selain melakukan analisis tujuan
pembelajaran, hal penting yang perlu dilakukan dalam menerapkan model ini
adalah analisis terhadap karakteristik siswa yang akan belajar dan konteks
pembelajaran. Kedua langkah ini dapat dilakukan secara bersamaan atau paralel.
4.
Merumuskan
tujuan pembelajaran khusus. Perumusan tujuan khusus pembelajaran merupakan
pernyataan tentang apa yang akan dicapai siswa setelah mereka selesai mengikuti
kegiatan pembelajaran.
5.
Mengembangkan
instrumen penilaian. Berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan,
langkah selanjutnya adalah mengembangkan alat atau instrumen penilaian yang
mampu mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Yang perlu diperhatikan dalam
menentukan instrumen evaluasi yang akan digunakan adalah instrumen harus dapat
mengukur performa siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah
dirumuskan. Beberapa tujuan
pembelajaran tidak bisa diukur dengan
tes obyektif tetapi harus diukur unjuk kerja dengan pengamatan penilai. Untuk membuat instrumen penilaian ini harus
dilakukan pemberian skor untuk tiap langkah yang dilakukan oleh pebelajar.