Jumat, 31 Januari 2014

PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI OLEH MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDY PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN AGAMA ISLAM STAI SUNAN DRAJAT

PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PAI OLEH MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDY PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN AGAMA ISLAM STAI SUNAN DRAJAT

Disusun Untuk Menjawab Soal nomer 7
Ujian Semester V PAI
Mata Kuliah:
Penelitian Kualitatif
Dosen Pengampu :
Nuril Ahmad M.Si
Disusun Oleh :
Ahmad Anif Wahbullah


Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN DRAJAT
(STAIDRA)
Kranji Paciran Lamongan

2014


KATA PENGANTAR

Alhamduillahi robbil alamin rasa syukur selalu kepada Allah SWT karena rahmat dan nikmatnya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing dan temam-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.
Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, panutan berdzikir, berfikir dan beramal shaleh, panutan kita bergerak sepanjang masa.
Pada proposal penelitian ini penulis ingin meneliti tentang “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar PAI Oleh Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Study Pendidikan Ilmu Pengetahuan Agama Islam” Penulis menyadari bahwa dalam penulisan proposal penelitian ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun, dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin.


BAB I
PENDAHULUAN

a.     Latar Belakang Masalah
Media pembelajaran berkembang pesat, banyak hal yang dapat dijadikan media pembelajaran. Internet adalah salah satu bentuk pengembangan teknologi, dengan internet dunia seperti ada di genggaman. mulai dari bermain game, mencari informasi ter update, berkomunikasi dan bahkan cukup layak untuk dijadikan media pembelajaran.
Perkembangan internet sendiri tidak lepas dari pendidikan. Adanya Internet membuka sumber informasi yang tadinya susah diakses. Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi malasah lagi. Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang mahal harganya. Adanya Internet memungkinkan seseorang di Indonesia untuk mengakses perpustakaan di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri (digital liberary). Kebutuhan akan internet cukup banyak, terutama mahasiswa yang baru ingin menyelsaikan perkuliahanya, perlu banyak sumber belajar untuk membuat tugas-tugas perkuliahan.
Dalam kehidupan perkuliahan mahasiswa Staidra program study pendidikan agama islam tidak lepas dari internet, mengingat perpustakaan Staidra yang terbatas dan peminjaman buku yang maksimal hanya bisa meminjam dua buku terbatas empat hari peminjaman, di perparah lagi harga buku yang mahal dan bermacam-macam buku yang mestinya di miliki oleh mahasiswa staidra, disini. internet cukup membantu dalam sumber belajar mahasiswa, yang membutuhkan banyak sumber tentang ilmu pendidikan agama islam.

b.      Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar, antara lain : optimalisasi pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pendidikan agama islam oleh mahasiswa jurusan tarbiyah program study pendidikan ilmu pengetahuan agama islam Sekolah tinggi agama islam sunan drajat.


c.       Batasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam oleh mahasiswa jurusan tarbiyah program study pendidikan ilmu pengetahuan agama islam Sekolah tinggi agama islam sunan drajat, namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa pendidikan agama islam oleh mahasiswa jurusan tarbiyah program study pendidikan ilmu pengetahuan agama islam Sekolah tinggi agama islam sunan drajat.

d.      Rumusan Masalah
Untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut:
1. Apakah mahasiswa jurusan tarbiyah program study pendidikan ilmu pengetahuan agama islam Sekolah tinggi agama islam sunan drajat telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar?
2.   Alasan apa yang memotivasi mahasiswa jurusan tarbiyah program study pendidikan ilmu pengetahuan agama islam Sekolah tinggi agama islam sunan drajat memanfaatkan internet sebagai sumber belajar?
3. Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat mahasiswa jurusan tarbiyah program study pendidikan ilmu pengetahuan agama islam Sekolah tinggi agama islam sunan drajat untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar?

e.       Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
1.   Jumlah mahasiswa jurusan tarbiyah program study pendidikan ilmu pengetahuan agama islam Sekolah tinggi agama islam sunan drajat yang telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
2.   Alasan yang memotivasi mahasiswa jurusan tarbiyah program study pendidikan ilmu pengetahuan agama islam Sekolah tinggi agama islam sunan drajat memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
3. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa jurusan tarbiyah program study pendidikan ilmu pengetahuan agama islam Sekolah tinggi agama islam sunan drajat memanfaatkan internet sebagai sumber belajar 

f.       Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
1.   Bagi mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya.
2.   Bagi program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar.
3.   Bagi peneliti, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi informasi sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam mengajar 


BAB II
KAJIAN PUSTAKA

a.       Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.

b.      Pengertian Internet
Internet adalah kependekan dari inter-network. Secara harfiah mengandung pengertian sebagai jaringan komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian[1]. Jaringan internet juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dikomunikasikan antar belahan dunia secara instan dan global[2]. Selain kedua pengertian di atas, internet juga disebut sebagai sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (e-mail, chat), diskusi (usenet news, milis, bulletin board), sumber daya informasi yang terdistribusi(World Wide Web, Ghoper), remote login dan lalu lintas file(Telnet, FTP).[3]
Sejalan dengan perkembangan internet, telah banyak aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce, e-Banking, e-Government, e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran adalah e-Learning.[4] E-Learning adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk  sekolah maya. E-Learning merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
Bagi para pengajar, internet bermanfaat dalam mengembangkan profesinya, karena dengan internet dapat :
1.      Meningkatkan pengetahuan.
2.      Berbagi sumber diantara rekan sejawat.
3.      Dengan pengajar di luar negeri.
4.      Mempublikasikan informasi secara langsung.
5.      Mengatur komunikasi secara teratur.
6.       berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional.

c.       Jenis-Jenis
Pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilakn data diskriptif melalui pengungkapan kata-kata tertulis. Peristiwa tertentu secara rinci dan mendalam serta perilaku yang diamati.

d.       Bahaya
Perilaku Adiktif / Pecandu Seorang pecandu internet akan menghabiskan waktu berjam-jam bahkan sampai berhari-hari berada didepan komputer untuk online. Untuk pecandu surfing di  Handphone  / Blackberry biasanya mereka  asik  berinternet tanpa memperdulikan tempat dan waktu (mobile).  “Dampak dari kecanduan internet juga tidak main-main. Mulai dari dipecat dari pekerjaan, perceraian, atau kecelakaan mobil akibat menyetir sambil menulis  SMS atau  chatting.  Pecandu internet biasanya kecanduan bermain  Games Online,  blogging,  situs jejaring sosial, jual beli, chating  dan aplikasi-aplikasi internet lain yang sangat menghabiskan waktu.[5]
Penyebab seseorang menjadi pecandu internet adalah:
“Pecandu internet dapat disebabkan oleh informasi yang sangat deras dari luar yang ingin diserap atau diperoleh remaja yang dapat bersumber dari perusahaan, institusi, departemen-departemen, sekolah ataupun remaja itu sendiri. Pecandu internet bisa siapa pun, dari mana pun, kapan pun”.[6]

e.       Pengaruh
Adalah daya atau timbul dari sesuatu ( orang atau benda ) yang ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan seseorang. Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka kegiatan belajar mengajar diperguruan tinggi tidak hanya ditemukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa.

f.        Kesimpulan hipotesis Sementara
Hipotesis adalah pendapat atau kesimpulan sementara, dengan kata lain suatu pendapat yang kita gunakan untuk menangkap kenyataan kebenaran dari suatu hal yang belum terbukti kebenarannya atau merupakan penjelasan percobaan ke arah perjalanan penjelasan yang pasti, tetapi ada alasannya yang merupakan suatu keismpulan yang agak pasti.



BAB III
PENUTUP

a.       Kesimpulan
Proposal penelitian ilmah ini mengangkat persoalana bagaimana pemnfaatan media online dikalangan mahasiswa jurusan tarbiyah program study pendidikan ilmu pengetahuan agama islam Sekolah tinggi agama islam sunan drajat dalam pemanfataan media online merupakan perbuatan memanfaatkan suatu hasil dari teknologi tinggi dalam bidang informasi dan komunikasi.

b.      Saran
Berdasarkan beberapa uraian dan kesimpulan tersebut maka perlu kiranya penulis untuk menyampaikan saran sebagai usaha untuk meningkatkan efektifitas pemanfaatan media online sebagai sumber belajar dikalangan mahasiwa.



Daftar Pustaka

Anonim. 2005. Kamus Istilah Internet. www.wikipedia.com. Diambil 29 Januari 2014. Andhika. 2005. Apa itu Internet?. www.andhika.com. diambil 29 Januari 2014.
Anonim.  2005. Sekilas Perkembangan Internet di Indonesia. www.jurnal-kopertis4.org. Diambil 29 Januari 2014.
Marsell Ruben Payong. 2005. Good Bye Teacher. www.kompas.com. diambil 29 Januari 2014.
Anonim. Persekolahanhttp://artikel.us/mangkoes6-04-2.html. Diambil 29 Januari 2014.
Philip Rechdalle. 2005. Internet dan Pendidikan. www.pendidikan.net. Diambil 24 Januari 2014.



[1] Anonim. 2005. Kamus Istilah Internet.(www.wikipedia.com).
[2] Anonim. 2005. Sekilas Perkembangan Internet di Indonesiawww.jurnal-kopertis4.org.
[3] Andhika. 2005. Apa itu Internet?. www.andhika.com.
[4] Marsell Ruben Payong. 2005. Good Bye Teacher. www.kompas.com.
[5]Anonim. 2007. Persekolahan. (http://artikel.us/mangkoes6-04-2.html)
[6] Philip Rechdalle. 2005. Internet dan Pendidikan. www.pendidikan.net.



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- See more at: http://blog-triks.blogspot.com/2011/05/pasang-emoticon-di-kotak-komentar-versi.html#sthash.VCvcG6HH.dpuf